DETEKSI AREA KEBOCORAN PADA DAK BETON



Di bawah ini adalah beberapa metode untuk mendeteksi kebocoran atap yang dapat membantu Anda memperbaiki masalah atap sebelum menjadi kerusakan yang berat pada atap.
Kebocoran atap ditakuti oleh pemilik rumah. Kebocoran dapat menyebabkan kerusakan besar pada tempat tinggal Anda dan hilangnya harta benda yang tak tergantikan. Kebocoran tersembunyi di atap Anda terkadang menyebabkan kerusakan yang akan membahayakan integritas struktural atap dan mengakibatkan perlunya perbaikan yang mahal. Untuk menghindari kerusakan atap secara mendadak, kebocoran harus segera diatasi dan, jika memungkinkan, dicegah agar tak terjadi sama sekali.
Untuk mendeteksi kebocoran atap sebelum menyebabkan kerusakan parah, atap harus diperiksa sebelum dan setelah musim hujan.
Layanan atap biasanya akan memberikan pemeriksaan atap gratis dan perkiraan tertulis atap daftar perbaikan yang direkomendasikan. Ada sejumlah layanan online yang mengatur perkiraan atap gratis dari kontraktor lokal. Anda dapat melakukan ini menggunakan layanan online tepercaya yang tercantum di akhir artikel ini.
Orang yang mengerjakan sendiri mungkin memutuskan untuk memeriksa atap mereka sendiri dan mungkin membuat sendiri perbaikan yang direkomendasikan. 

A. Deteksi kebocoran atap dimulai di loteng. 
Sebelum melihat bagian atas atap Anda, cari loteng untuk kerusakan air yang nyata dan bukti lain bahwa kelembapan mulai menyebabkan masalah. Jamur bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami kebocoran atap yang tidak terdeteksi atau Anda memiliki ventilasi atap yang tidak memadai. Jika masalah Anda adalah ventilasi atap, Anda harus berkonsultasi dengan kontraktor untuk mendiskusikan opsi perbaikan Anda.

Setelah memeriksa loteng Anda apakah ada tanda-tanda kebocoran, Anda perlu memperhatikan atap tersebut. Anda bisa naik ke atap atau melihat menggunakan tangga. Anda ingin mengetahui apakah ada genteng yang hilang atau rusak. Perhatikan tatanan genteng, apakah ada lubang, atau pergeseran yang yang terjadi disana.Genteng pada atap yang rusak atau hilang harus diganti. Indikator lebih lanjut dari atap yang menurun adalah hilangnya butiran, bekam atau tekuk. Tanda-tanda ini cenderung menunjukkan atap Anda sudah waktunya untuk di ganti atau diperbaiki.

B.Masalah flashing sering menjadi sebab kebocoran. 
Periksa lampu kilat yang terhubung ke ventilasi dan cerobong asap untuk memastikannya kencang dan dalam kondisi memuaskan. Flashing yang rusak atau hilang perlu diperbaiki atau diganti.

C. Puing-puing yang menghalangi aliran air
Penyebab umum lainnya dari kebocoran atap termasuk puing-puing yang menghalangi aliran air atap atau menghalangi talang hujan. Puing-puing yang tidak diinginkan di lembah atap dapat menyebabkan air menembus di bawah sirap atap yang dapat mengakibatkan kebocoran atap dan kerusakan air. 

D. Talang hujan yang tersumbat
Talang hujan yang tersumbat juga dapat menyebabkan air mengalir di bawah sirap di atap dan menyebabkan kerusakan air serupa. Perawatan atap secara teratur harus mencakup pembuangan puing-puing yang tidak diinginkan dari lembah dan talang atap Anda.
Jika atap rumah Anda berusia lima belas tahun atau lebih, memiliki area kerusakan yang luas, atau terus bocor setelah diperbaiki, Anda mungkin perlu mengganti atap Anda.

A. MENGATASI ATAP DAK BETON BOCOR DARI ATAS



Seperti apa cara atau ide agar atap tidak bocor dari bawah atau dari atas? Cara atau triknya cukup sederhana, karena hanya membutuhkan waterproofing untuk menyembunyikan dan menambal apa yang sebenarnya ada di depan. Namun penerapannya tidak boleh sembarangan, karena membutuhkan trik khusus agar tidak bocor lagi di kemudian hari. Masalah kebocoran sering terjadi pada rumah berlantai dua yang didesain menggunakan atap beton. Tentu ada alasan untuk kekhawatiran ini. Ada beberapa penyebab tidak bocor yang harus kamu ketahui agar bisa mengatasi keadaan tersebut. Di bawah ini, untuk mengetahui apa penyebab kebocoran tersebut, silakan lihat ini. Penyebab Bocornya Dak Atapnya bukan beton yang menggunakan material pasir, semen, dan batu pecah. Dan bila komposisi beton tidak tepat akan memperlambat umur beton sehingga sewaktu-waktu bisa bocor. Penyebab kedua adalah selalu adanya pergerakan di dalam gedung atau struktur pondasi yang menyebabkan struktur tidak terganggu sehingga dapat menimbulkan keretakan. Kebocoran di dalam atap beton mungkin muncul karena beton tersebut tidak benar-benar kering, tetapi digunakan untuk memasang benda-benda yang lebih berat yang melebihi daya dukung pelat. beton. Ketebalan dengan beton sangat tipis sehingga daya tahannya kurang baik, ada genangan yang merendam sungai hingga beton, tidak ada lapisan yang melindungi batas atas dari beton. Beton bagian atas sebaiknya tidak dilapisi dengan keramik, plesteran, serta cat air. Jika bangunan memiliki saluran air yang bukan beton dan saluran pembuangannya bocor, otomatis danau akan mengalir ke bawah. Ada beberapa penyebab lainnya. Namun pemicu utama pencegahan kebocoran adalah retakan dan struktur beton yang tidak utuh. Cara atau Ide Mengatasi Dak Bocor Dari Atas Untuk mengatasi agar tidak bocor kita harus memperbaiki area atas terlebih dahulu. Setelah itu, bagian bawah. Jika kurang dari itu, tidak ada gunanya. Karena masalah utama terletak di daerah atas. Lalu apa saja cara atau trik agar tidak bocor dari atas? Untuk mengetahui caranya atau mungkin triknya, silakan simak di bawah ini, langkah awal yang akan dilakukan adalah melihat kondisi beton. Perhatikan area mana yang bocor. Jika Anda bingung mau bocor di mana, Anda bisa menguji menuangkan air di atas beton. Kemudian biarkan adalah simbol sekitar satu jam. Jika tidak ada rembesan air di bawahnya, Anda bisa yakin bahwa tidak ada masalah dengan semua beton. Setelah menemukan area yang bocor.

Bersihkan Area Yang Bocor


selanjutnya bersihkan area yang bocor dari debu dan kotoran. Untuk membersihkannya dapat bekerja dengan kuas atau menggunakan kerokan Kape. Namun sebelum itu, pastikan area kering dan tidak tida ada genangan air.

Tutup Kebocoran Dengan Mortar


Jika terjadi keretakan maka daerah retak tersebut harus ditutup dengan menggunakan mortar semen yang ditambah aditif bonding agent agar semen memiliki daya rekat yang tinggi. Pastikan setiap area sudah ditambal menggunakan semen. Kemudian biarkan benar-benar kering.


Gunakan Waterproofing


Setelah menambal area yang bocor, kemudian lapisi area tersebut menggunakan waterproofing. Untuk membuatnya lebih kuat, Anda harus merekatkan serat fiber saat kondisi waterproofing masih basah. Jika semua area yang bocor ditutup dengan fiber, maka aplikasikan waterproofing secara merata pada seluruh permukaan dari beton untuk menutup serat. 

Ulangi Pelapisan Waterproofing


Dan jika waterproofing sudah kering, ulangi pelapisan waterproofing satu arah hingga cukup.

B. MENGATASI ATAP DAK BETON BOCOR DARI BAWAH


Cara atau trik mengontrol tiang bawah Setelah memperbaiki area atas beton, tetap ada kemudian kontrol kebocoran dari bawah. Teknik atau triknya cukup mudah, silahkan ikuti setiap langkah yang dikirimkan individu di bawah ini.


Bersihkan Plafon Dari Kotoran Dan Debu


Bersihkan dulu area plafon dari kotoran dan debu menggunakan alat sederhana seperti sikat atau kikis kapas. Jika Anda merasakan jamur di atasnya, sebaiknya gunakan Fugicidal Wash yang dapat membunuh 99% spora jamur. 

Lapisi Atap Dengan Alkaline


Kemudian cukup lapisi atap yang sudah diberi alkaline sealer atau cat dasar agar beton yang bocor tidak ternoda.

Tunggu Hingga Kering


Tunggu hingga proses mengering. Biasanya akan membutuhkan 1-2 jam.

Cat Ulang Plafon


Kemudian lakukan mengecat ulang platform yang bocor sampai benar-benar rata. Kami merekomendasikan melapisinya menjadi dua rasa sakit. Cat yang digunakan memang tidak boleh sembarangan. Sebaiknya Anda memiliki cat anti bocor atau merk lain yang kebetulan sudah teruji kualitas dan ketahanannya. Tujuan dari pegangan agar tidak bocor dari bawah adalah mengembalikan atap ke posisi semula. Namun, proses atau trik ini akan sia-sia jika area terbaik belum diperbaiki. Oleh karena itu, yang terbaik adalah memperbaiki bagian atas terlebih dahulu sebelum memfokuskan pada bagian bawah agar tidak bocor. Bagi yang baru berniat menggunakan beton seperti atap, harus menggunakan ikatan cor yang bisa mencegah kebocoran. Cor bondak sendiri merupakan lapisan besi galvanis dan galvanis. Fungsi dari cast bond adalah untuk melapisi bagian bawah sehingga dapat mencegah terjadinya kebocoran. Untuk mengetahui berapa harganya, silahkan lihat artikel “Daftar Harga Jual Bondeck Cast” pada artikel sebelumnya. Lebih baik mencegahnya daripada memperbaikinya. Namun, jika Anda Namun, jika Anda belum pernah menggunakan Cast Bondack, barulah kami dapat mencoba metode atau ide untuk menghilangkan kebocoran yang disebutkan sebelumnya. Sekarang adalah tutorial singkat tentang cara menangani beton dengan memotong atau mengelabui dari bawah atau atas. Harap ikuti setiap langkah yang Anda harapkan untuk memastikan beton tidak bocor. Sekian untuk ATAP BETON DAK BOCOR anda kali ini, semoga bisa menjadi sarana untuk memperbaiki kebocoran tersebut.